Rabu, 27 Juni 2012

Pengalaman Juara lomba Teknologi tepat guna

Rendah: Agung sucipto.
Tinggi : Ahmad Iswanto: 
SMK Negeri 3 Dumai mengadakan perlombaan (class meeting) di akhir ujian semester 2,  yang berlangsung pada tanggal 22/6/2012.

Berbagai macam perlombaan yang diadakan, seperti sepak bola, memasak, catur, dan teknologi tepat guna dan setiap masing-masing kelas wajib mengutus wakilnya.

 Terkait teknologi tepat guna, kriteria yang diperlombakan adalah bersumber dari bahan bekas yang bisa dimanfaatkan langsung. Saya dan Ahmad menjadi perwakilan kelas X , jurusan listrik 2 yang ditunjuk lansung oleh wali kelas yaitu pak Yudi setiawan.

Saya dan Ahmad mendapatkan ide dalam perlombaan teknologi tepat guna tersebut membuat  BEL BUZZER DAN LAMPU INDIKATOR , terinspirasi dari bahan ajar kelas 1. Lalu kami segera ke bengkel dan berbagi tugas, saya sebagai perancang bel dan ahmad sebagai pencari alat dan bahan.

Peralatan yang kami gunakan untuk membuat bel sederhana adalah dari bahan bekas seperti: tempat minyak rambut, tempat gulungan benang,  kaleng bekas oli, gabus bekas, papan triplek dan bahan tambahan lainya adalah kawat email (tembaga), kabel, saklar tunggal, steker dan lampu indikator warna merah,kuning dan hijau.

Setelah alat dan bahan lengkap, kemudian kami rakit bel buzzer sama lampu indikator, semuanya selesai dalam waktu 3 jam dan kami coba tes ternyata bisa hidup, bel buzzer yang dapat berbunyi dengan kuat.

Prinsip kerja dari bel buzzer, apabila kawat email kita lilitkan pada koker(tempat gulungan),kemudian diberi mur sebagai inti besi dan letakkan aluminium diatas mur yang berjarak 1 cm dari inti besi kemudian dialiri arus listrik maka inti besi akan menjadi medan magnet.

 3 hari berikutnya, tepat dihari H perlombaan (25/6/2012), bel buzzer yang telah dirakit kemaren, dibongkar dulu, kemudian dirakit lagi didepan penguji saat perlombaan, pengujinya adalah pak Hanapi (Guru Otomotif) dan Buk Siti Surani (Guru Muatan Lokal). Alhamdulillah, dari 5 kelas yang ikut ambil bagian, Saya dan Ahmad keluar sebagai juara 1.

 Melalui perlombaan teknologi tepat guna yang sederhana ini, saya semakin termotivasi untuk belajar dan mengikuti perlombaan sejenis dilain waktu.

Juara 1 lomba teknologi tepat guna antar siswa kelas 1
 SMKN 3 Dumai, Riau.

 Dumai, 27 Juni 2012
 Agung Sucipto.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar